Tips Dan Cara Endorse Influencer Di Instagram Yang Perlu Diperhatikan

Salah satu cara untuk meningkatkan nilai dan penjualan produk adalah dengan endorse influencer. Saat ini kamu akan dihadapkan banyak pilihan influencer yang memiliki karakter dan demografi followers yang berbeda. Biasanya jumlah followers, tampilan foto hingga jumlah like yang ada di dalam akun dari influencer itu menjadi pertimbangan penting.
Kamu bisa saja memilih influencer yang memiliki jumlah followers yang sangat banyak untuk membantu promosi dari produk. Namun, beberapa influencer kadang-kadang menerapkan harga endorse yang sangat tinggi. Hal ini yang harus kamu pertimbangkan sebelum menggunakan jasa endorse. Mungkin kamu juga bisa mencoba beberapa tips dan cara endorse influencer di Instagram.

8 Tips dan cara endorse influencer di Instagram

Bila kamu memutuskan untuk menggunakan jasa influencer di Instagram untuk membantu promosi produk sebaiknya pertimbangkan beberapa hal. Apalagi ini juga berkaitan dengan biaya promosi yang harus kamu persiapkan dengan nominal tertentu.
Selain itu, jangkauan dan target khalayak juga harus diperhitungkan dengan sangat baik. Kondisi seperti ini dipertimbangkan dengan jumlah influencer yang semakin meningkat. Bahkan, masing-masing dari influencer memiliki karakter yang berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan promosi kamu.

Mungkin kamu bisa mencoba beberapa tips dan cara endorse influencer di Instagram yang bisa mendukung penjualan produk kamu seperti:
  1. Memilih influencer yang sesuai dengan karakter produk
Saat ini ada banyak pilihan influencer yang bisa kamu pertimbangkan. Kondisi ini tentu saja menjadi hal penting dari cara endorse influencer di Instagram. Semakin banyak pilihan influencer sebenarnya akan memudahkan kamu untuk memilih sesuai dengan karakter produk.

Kamu bisa memberikan penilaian yang berbeda dari setiap influencer. Misalnya saja dengan memperhatikan seluruh karakter foto yang ditampilkan pada akun instagram mereka. Selain itu, perhitungkan juga jumlah followers yang dimiliki oleh influencer itu.

Namun, jumlah followers sebenarnya tidak menjadi patokan yang ideal. Cara seperti ini bisa kamu pertimbangkan dengan interaksi yang diberikan pada followers. Bila followers dari akun mereka termasuk dari pangsa pasar maka cara seperti ini biasanya memberikan dampak yang sangat positif.
  1. Melakukan riset terhadap akun influencer
Cobalah lakukan riset terhadap seluruh akun influencer. Riset seperti ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan perbandingan sesuai dengan kategori dan karakter dari bisnis yang kamu jalankan. Masing-masing dari influencer memang memiliki fokus yang berbeda dari setiap konten yang diposting.

Bila kamu menawarkan bisnis produk kecantikan sebaiknya pilih influencer yang bisa mendukung dari keunggulan produk kamu. Bahkan, kamu juga bisa melihat seluruh konten yang telah diposting.

Cara seperti ini memang sangat ideal untuk dilakukan sehingga memudahkan kamu untuk mendapatkan pengaruh terhadap khalayak yang diinginkan. Riset seperti ini juga akan memberikan efisiensi terhadap penggunaan biaya promosi.
  1. Melihat jumlah followers yang dimiliki influencer
Tips lain yang perlu kamu lakukan untuk memilih influencer tentu saja dengan melihat jumlah followers. Beberapa orang masih menganggap bahwa jumlah followers yang sangat banyak akan memberikan dampak yang sangat besar bagi promosi bisnis atau produk. Namun, kamu juga harus memperhatikan lebih detail dari jumlah followers yang dimiliki oleh akun instagram itu.

Biasanya akun instagram yang memiliki jumlah followers sangat banyak bisa berasal dari real akun atau dengan membeli. Rincian ini bisa kamu dapatkan melalui pricelist yang diberikan oleh influencer itu.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk bertanya langsung kepada pemilik akun tentang jumlah followers yang dimilikinya. Bila followers dari influencer itu merupakan akun asli maka itu akan memberikan pengaruh pada respon terhadap produk yang kamu tawarkan.
  1. Membandingkan jumlah followers, komentar dan like
Cara endorse influencer di Instagram yang perlu diperhatikan lagi adalah dengan membandingkan jumlah followers dengan komentar hingga like. Biasanya cara seperti ini untuk mengetahui respon yang diterima dari setiap postingan di akun influencer. Bila jumlah followers dari akun instagram itu cukup banyak seharusnya setiap postingan akan menerima jumlah likes yang juga banyak.

Cara ini tentu saja akan mengetahui followers yang dimiliki oleh akun itu fake atau real. Pertimbangan ini memberikan pengaruh yang sangat besar pada perkembangan bisnis yang kamu jalankan. Mungkin kamu juga bisa menghitung komentar yang diberikan dari setiap bagian postingan. Perbandingan ini sebenarnya akan memudahkan kamu untuk melakukan negosiasi terhadap influencer.
  1. Melihat karakter dari foto yang diposting
Setiap konten foto dan video yang ditampilkan pada setiap akun influencer harus memiliki karakter yang sama pada produk yang kamu tawarkan. Sebenarnya hal ini akan memberikan kemudahan bagi kamu untuk mendapatkan respon yang positif dari setiap followers.

Mulailah dengan melihat secara rinci seluruh bagian dari karakter konten yang ditampilkan. Cara seperti ini menjadi bagian penting untuk memberikan pengaruh terhadap penawaran produk dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan, kamu juga bisa menampilkan kualitas dan konsep setiap konten yang ditampilkan dari akun influencer itu.
  1. Membandingkan harga yang ditawarkan
Setiap influencer pasti akan memberikan penawaran harga yang berbeda. Lakukan perbandingan dan keuntungan yang kamu dapatkan bila menggunakan jasa mereka. Cara seperti ini dilakukan untuk mendapatkan dampak yang sangat besar bagi produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, masing-masing dari influencer juga memiliki ketentuan berkaitan dengan pricelist yang diberikan. Kamu harus membaca lebih rinci setiap ketentuan yang telah ditetapkan oleh influencer.

Jangan lupa untuk menyesuaikan budget yang kamu miliki untuk melakukan promosi dengan menggunakan jasa influencer. Cara seperti ini dilakukan agar kamu bisa menghitung pengeluaran hingga biaya produksi dari setiap produk.
  1. Memeriksa history dan profil influencer
Hal penting lain yang perlu kamu perhatikan dalam memilih influencer tentu saja memeriksa seluruh history dan profil dari pemilik akun. Kamu bisa menggunakan sumber sekunder lain yang biasanya berasal dari platform media sosial. Cara seperti ini dilakukan agar tidak merusak citra dari brand produk yang kamu berikan untuk endorse.

Bahkan, hal ini juga bisa membentuk image yang baik dari produk yang ditampilkan di akun Instagram influencer itu. Biasanya beberapa orang yang melakukan cara ini akan memiliki bargaining position yang lebih baik. Tentu saja ini akan berkaitan langsung dengan penawaran harga yang kamu dapatkan.
  1. Mencari review dari akun yang sudah menggunakan jasa influencer
Cobalah gunakan relasi bisnis yang kamu miliki untuk mendapatkan review dari masing-masing influencer. Hal ini akan memberikan bantuan yang sangat besar bagi kamu sehingga mendukung bisnis dari produk itu sendiri.

Review ini biasanya berkaitan dengan layanan yang diberikan hingga penawaran harga. Bila harga yang ditetapkan untuk endorse itu sebanding dengan respon yang didapat pada produk tentu saja akan memberikan keuntungan yang cukup baik bagi kamu.