Tips Membersihkan Lensa Kamera Android Agar Tetap Awet


Hasil jepretan yang bagus tidak selamanya karena faktor lensa kamera yang memadai. Jika resolusi lensa kameranya bagus namun gambar tetap buram, bisa jadi ada masalah pada lensa anda. Bisa jadi lensa mengalami goresan, kotor, atau gangguan lainnya. Termasuk pada lensa kamera ponsel android. Agar hasil jepretan di ponsel tetap optimal, anda harus rajin membersihkan bagian lensa tersebut. Sebab bagian lensa tergolong lebih sensitif dengan debu dan goresan.

Selain itu, rajin membersihkan lensa kamera juga bermanfaat agar kamera ponsel tetap awet. Hasil jepretan pun tampak lebih bersih dan cerah. Jadi jangan terburu menyimpulkan jika resolusi lensanya buruk. Bisa jadi penyebabnya karena kotoran yang terlanjur menempel tebal di kamera ponsel anda. Bagi anda yang penasaran apa saja cara untuk membersihkan lensa kamera android ini, berikut beberapa tips selengkapnya yang bisa anda coba.

Tips Membersihkan Lensa Kamera Android

  1. Gunakan pasta gigi
Pasta gigi bisa menjadi andalan untuk mengatasi lensa yang tergores. Pilih pasta gigi warna putih. Oleskan sedikit saja pada bagian lensa dan gosok menggunakan kain lembut secara perlahan. Anda juga bisa menggunakan cotton bud jika ada bagian lensa yang sulit dijangkau dengan tangan. Oleskan searah jarum jam dan diamkan sebentar. Kemudian gunakan sedikit air dengan kain microfiber untuk menuntaskan pembersihan lensa.
  1. Gunakan minyak kayu putih
Minyak kayu putih bisa digunakan untuk membersihkan debu pada lensa. Debu tersebut mampu ditarik dengan tekstur minyak kayu putih yang khas. Anda bisa menggunakan tisu atau lap kering dan tetesi dengan minyak kayu putih. Lap lensa dengan minyak kayu putih tersebut secara perlahan. Debu akan menempel pada lap atau tisu tersebut dan kamera pun menjadi lebih bersih.
  1. Bersihkan lensa berembun
Gambar buram juga bisa disebabkan karena lensa yang berembun. Hal ini bisa dikarenakan ponsel terkena air atau berada di kondisi yang lembab. Untuk mengatasi lensa berembun, anda bisa menguapkan embunnya terlebih dulu. Matikan ponsel dan lepas semua komponen yang bisa dilepas terlebih dulu. Gunakan hair dryer untuk menguapkan embun secara hati-hati. Pasang semuanya kembali dan cobalah gunakan kamera tersebut.
  1. Mengganti tutup lensa
Jika cara 1-3 masih belum optimal dalam membersihkan lensa, bisa jadi masalahnya ada pada tutup lensa. Tutup lensa bisa mengalami goresan atau terkena kotoran yang sulit dibersihkan. Mengganti tutup lensa merupakan solusinya. Namun anda harus hati-hati. Anda bisa mencongkelnya dan ganti dengan tutup lensa baru. Jika sulit memperoleh tutup lensa, anda bisa menggunakan selotip bening sebagai pengganti sementaranya.

Demikian beberapa tips membersihkan lensa kamera android agar tetap awet dan hasil foto makin menarik. Semoga bermanfaat.